Senin, 14 Januari 2019

Pengembangan Perpustakaan Umum



Nama                           : Muhamad Hasbi Assidiqi
NIM                            : 11160251000035/5B
Mata Kuliah                : Tata Ruang Perpustakaan

Pengembangan Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum tentunya tidak hanya sebuah lembaga informasi yang menyediakan berbagai jenis informasi bagi pemustakanya. Di zaman teknologi ini perpustakaan sudah jarang digunakan dan dikunjungi oleh pemustakanya. Hal ini dikarenakan kemudahan akses informasi dan teknologi yang kian berkembang pesat kian harinya. Oleh karena itulah sebuah perpustakaan sudah seharusnya memerhatikan aspek-aspek yang mampu mengembangkan perpustakaan, mulai dari:
  •       Fleksibilitas Fungsi Perpustakaan Umum. Dimana sebuah perpustakaan menyediakan dan memfasilitasi kegiatan kemasyarakatan untuk dilakukan di perpustakaan. Hal ini bisa dilakukan dengan kegiatan kebudayaan masyarakat yang diselenggarakan di kawasan perpustakaan atau didukukng oleh perpustakaan.
  •       Ramah Lingkungan dalam ketataruangan perpustakaan umum. Perpustakaan tentunya harus memenuhi aspek ini karena dengan penerapan tata ruang yang ramah lingkungan akan membentuk kesan perpustakaan sebagai sumber informasi dan penunjang lingkungan hidup yang sehat dan lestari. Hal ini dapat dilakukan dengan pembukaan lahan hijau di kawasan perpustakaan untuk menambah ruang interaksi masyarakat dalam penggunaan perpustakaan.
  •       Pemanfaatan Teknologi dalam pengembangan perpustakaan. Aspek ini merupakan aspek yang sangat penting untuk terus menunjang keberlangsungan sebuah perpustakaan. Karena dengan perpustakaan yang terus mengikuti perkembangan zaman dalam pengelolaan informasi dan perpustakaannya tentu masyarakat tidak akan berhenti untuk datang ke perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa terus menganalisis kemajuan teknologi yang ada dan menerapkannya di perpustakaan, sehingga perpustakaan akan terus menjadi sumber informasi yang tetap relevan dengan zaman.
  •        Pengembangan perpustakaan umum dengan partisipasi masyarakat. Dalam pengembangannya sendiri dibutuhkan andil yang cukup besar dari masyarakatnya, sehingga masyarakat akan merasa memiliki perpustakaan yang mereka bangun dan kelola sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan mampu mendengarkan masukan dari masyarakat dan berusaha untuk memenuhinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar