Selasa, 15 Januari 2019

Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya

Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya adalah perpustakaan yang menganut sistem layanan open access. Perpustakaan yang salah seorang pustakawannya yang saya temui merupakan alumnus UIN Jakarta, M. Syafiq Kumala ini mempunyai layanan-layanan antara lain :
a)      Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi merupakan ujung tombak jasa perpustakaan karena bagian sirkulasi  berhubungan dengan masalah administrasi peminjaman dan pengembalian koleksi bahan pustaka. Bagian sirkulasi  berkaitan dengan masalah peredaran koleksi yang dimiliki perpustakaan. Tujuan layanan sirkulasi ini adalah memperlancar dan mempermudah proses peminjaman  bahan pustaka untuk dibawa pulang oleh pemustaka.
b)      Layanan Referensi
Layanan Referensi di perpustakaan UPJ menyajikan koleksi referensi yang dibutuhkan oleh pemustaka. Ditambah dengan bimbingan pustakawan dalam membantu mencarikan dan menemukan informasi yang sesuai dengan mengggunakan koleksi referensi. Pustakawan juga memberikan bimbingan kepada para pemakai tentang penggunaan bahan pustaka koleksi referensi.
c)      Layanan Internet
Layanan internet di perpustakaan UPJ adlah pemustaka diberikan fasilitas interneg gratis untuk memenuhi kebutuhan informasi pendukung akademik.
d)      Layanan Penelusuran (OPAC)
Pemustaka dapat menelusuri sendiri informasi koleksi bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dengan menggunakan komputer OPAC yang disediakan perpustakaan. Dengan katalog online / OPAC ini pemustaka selain dapat mengetahui apakah sebuah buku ada atau tidak, juga dapat mengetahui status buku tersebut, apakah sedang dipinjam atau tidak.
e)      Layanan Pendidikan Pemakai

Tidak semua pemakai perpustakaan dapat atau mampu menggunakan perpustakaan dengan baik dan benar. Banyak pemakai perpustakaan tidak mengetahui fungsi katalog, cara penyusunan buku di rak, penggunaan bahan-bahan referensi, penggunaan fasilitas baca yang lainnya dan serta peraturan perpustakaan. Oleh karena itu dibutuhkan pendidikan bagi pemakai atau user education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar