Rabu, 19 Desember 2018

Manfaat Musik Bagi Kehidupan Manusia




Pada tingkat molekuler, penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita.
Bagaimana Musik Dapat Digunakan Untuk Mempengaruhi Mood yang Berbeda-beda?
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memainkan alat musik lebih pintar, serta banyak juga manfaat bagi penggemar musik.
Berikut adalah daftar 10 manfaat untuk mendengarkan musik:

1. Musik Meningkatkan Kebahagiaan
Ini mungkin tampak jelas, tetapi penalaran kimia alami cukup luar biasa untuk dipikirkan. Jika Anda membutuhkan dorongan emosional, biarkan diketahui bahwa hanya butuh 15 menit mendengarkan lagu favorit Anda untuk mendapatkan nada tinggi alami. Ini karena otak Anda melepaskan dopamine, neurotransmitter yang mengarah pada peningkatan perasaan bahagia, kegembiraan, dan sukacita, ketika Anda mendengarkan musik yang Anda sukai.
2. Musik Meningkatkan Kemampuan Berlari
Jika itu yang Anda sukai ... Para ilmuwan menemukan bahwa pelari yang mendengarkan musik motivasi cepat atau lambat berlari lebih cepat daripada pelari yang mendengarkan musik yang tenang (atau berlari tanpa musik sama sekali) dalam lari 800 meter. Kunci untuk meningkatkan kinerja berjalan Anda terletak pada pilihan musik, yang menjadi sesuatu yang menginspirasi Anda untuk maju.
3. Musik Menurunkan Stres, Sementara Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan
Musik memiliki efek langsung pada hormon kita. Jika Anda mendengarkan musik yang Anda nikmati, itu menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh Anda, meniadakan efek dari stres kronis. Stres merupakan penyebab 60% dari semua penyakit, sehingga tingkat stres yang lebih rendah berarti peluang yang lebih tinggi untuk kesejahteraan secara keseluruhan.
Satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa sekelompok orang memainkan berbagai instrumen perkusi dan nyanyian telah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dibandingkan dengan orang-orang yang mendengarkannya dengan pasif; sementara kesehatan kedua kelompok dipengaruhi secara positif oleh musik, kelompok yang memainkan alat musik dan / atau bernyanyi memiliki hasil yang lebih baik.
Untuk manfaat maksimal pada hari yang menegangkan, nyalakan musik dan bernyanyi bersama!
4. Musik Meningkatkan Tidur
Lebih dari 30% orang Amerika menderita insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik atau santai dalam waktu satu jam untuk tidur secara signifikan meningkatkan tidur, dibandingkan dengan mendengarkan audiobook atau melakukan apa-apa sebelum tidur. Karena kita tahu musik dapat memengaruhi hormon kita secara langsung, hanya masuk akal untuk menggunakan Beethoven (atau Sisi Gelap Bulan?) Sebelum tidur ketika membutuhkan tidur malam yang nyenyak.
5. Musik Mengurangi Depresi
Musik memiliki efek langsung pada hormon kita; itu bahkan dapat dianggap sebagai antidepresan alami. Ini karena nada-nada tertentu menyebabkan pelepasan serotonin dan dopamine (neurotransmitter) di otak yang mengarah pada peningkatan perasaan bahagia dan kesejahteraan. Ini juga melepaskan norepinefrin, yang merupakan hormon yang memicu perasaan euforia.
Lebih dari 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia, dan 90% dari mereka juga mengalami insomnia. Penelitian di atas juga menemukan bahwa gejala depresi hanya menurun pada kelompok yang mendengarkan musik klasik atau santai sebelum tidur.
Studi lain menunjukkan bahwa jenis musik tertentu dapat bermanfaat bagi pasien dengan gejala depresi. Menariknya, sementara musik klasik dan santai meningkatkan suasana hati yang positif, techno dan heavy metal membuat orang semakin terpuruk.
6. Musik Membantu Anda Makan Lebih Sedikit
Menurut penelitian, kombinasi pencahayaan lembut dan musik menuntun orang untuk mengkonsumsi lebih sedikit makanan (dan menikmatinya lebih banyak). Musik sebagai diet trending berikutnya? Kedengarannya cukup mudah!
7. Musik Mengangkat Mood Anda Saat Berkendara
Siapa yang tidak bersalah karena meledakkan Phish di jalan raya? Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik secara positif memengaruhi suasana hati Anda saat mengemudi, yang jelas mengarah pada perilaku yang lebih aman dan lebih sedikit kemarahan di jalanan. Jadi pastikan untuk menyalakan kemacetan "Reba"!
8. Musik Memperkuat Pembelajaran dan Ingatan
Mendengarkan musik juga dapat membantu Anda mempelajari dan mengingat informasi dengan lebih efisien, kata para peneliti. Meskipun itu tergantung pada sejauh mana Anda menyukai musik dan apakah Anda memainkan instrumen atau tidak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musisi benar-benar belajar lebih baik dengan musik netral, tetapi diuji lebih baik dengan musik yang mereka sukai; sedangkan non-musisi belajar lebih baik dengan musik positif tetapi diuji lebih baik dengan musik netral. Oleh karena itu, tingkat kinerja membedakan antara belajar dan memori untuk musisi dan non-musisi.
9. Musik Meningkatkan Kecerdasan Verbal
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 memiliki peningkatan kecerdasan verbal yang signifikan setelah hanya sebulan mengambil pelajaran musik, di mana mereka belajar tentang ritme, nada, melodi, dan suara. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan musik memiliki "efek transfer" yang meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memahami kata-kata, dan bahkan lebih, menjelaskan maknanya.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 memiliki peningkatan kecerdasan verbal yang signifikan setelah hanya sebulan mengambil pelajaran musik, di mana mereka belajar tentang ritme, nada, melodi, dan suara. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan musik memiliki "efek transfer" yang meningkatkan kemampuan anak-anak untuk memahami kata-kata, dan bahkan lebih, menjelaskan maknanya.
Penelitian lain menunjukkan hasil yang sama pada wanita dewasa yang terlatih secara medis dan anak-anak yang mengungguli kelompok tanpa pelatihan musik pada tes ingatan verbal.
10. Musik Meningkatkan IQ
Penelitian menunjukkan bahwa mengambil pelajaran musik menentukan pencapaian akademik yang tinggi dan skor IQ pada anak-anak. Penelitian ini mensurvei sekelompok anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau vokal dalam kelompok kecil selama 36 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka memiliki peningkatan yang jauh lebih besar dalam IQ dan hasil tes pendidikan standar selama waktu itu daripada anak-anak yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang tidak terkait dengan musik. Kelompok bernyanyi menunjukkan peningkatan paling besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar