Rabu, 17 Oktober 2018

Untuk Para Pencari Koleksi Pustaka Islam



Perpustakaan Iman Jama

            Perpustakaan Iman jama adalah perpustakaan Islam yang terletak di Ps. Jumat No.46E, RT.9/RW.7, Pd. Pinang, Kby. Lama, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang berkaitan dengan al-quran dan hadits.
Hal ini dikarenakan pendiri perpustakaan menginginkan agar umat Islam yang mengunjungi perpustakaan ini mengerti bahwa agama Islam tidak hanya sekedar ritual saja, melainkan adapula akidah, tauhid, dan fiqih yang harus dipahami oleh umat Islam. Untuk sistem layanannya, perpustakaan Iman Jama menggunakan sistem layanan Open Access (Terbuka untuk umum) sehingga pemustaka bebas menjelajahi dan mencari koleksi yang ada di perpustakaan.
Perpustakaan Iman Jama Buka mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Dan saat memasukki perpustakaan, pengunjung diharapkan untuk berinfaq di sebuah kotak diatas meja layanannya. Layanan Sirkulasi dari perpustakaan Iman Jama terletak di lantai satu gedung perpustakaan bersamaan dengan tempat penitipan barang atau loker. Layanan sirkulasinya hanya memperbolehkan pengguna atau pemustaka untuk meminjam koleksi untuk difotokopi dalam jangka waktu sehari dan langsung dikembalikan pada hari koleksi itu dipinjam. Hal ini dikarenakan jumlah eksemplar yang sedikit. Dan menghindari kerusakan koleksi perpustakaan.
Untuk layanan yang paling diincar oleh kalangan anak muda sekarang, yaitu wifi, perpustakaan Iman Jama tidak tersedia, sehingga agak menyulitkan pengguna yang membutuhkan akses internet untuk melakukan kegiatan penggunaan informasi.
Berhubung koleksi yang dimiliki perpustakaan Iman Jama ini adalah sebagian besar adalah koleksi referensi, seperti tafsir hadist, dsb. Otomatis layanan referensi juga tersedia di perpustakaan ini. Dimana pustakawan bisa mengarahkan koleksi referensi yang berisikan informasi yang dibutuhkan pemustakanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar