Rabu, 03 Oktober 2018

Hal-hal yang bisa didapat dari game (Part 1)






Dewasa ini perkembangan permainan atau “Games” sangatlah pesat, hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang kian hari kian melesat. Dimana di zaman dulu anak-anak terbiasa bermain di lapangan dengan permainan tradisional mereka, namun kini mereka berkumpul di rumah teman ataupun suatu tempat yang memiliki jaringan wifi gratis yang tersedia dimana-mana untuk bermain games di gadget mereka. Fenomena ini ibarat pedang bermata dua, dimana anak anak menjadi malas untuk bergerak dan berolahraga, namun disisi lain juga bisa mencegah mereka dari pergaulan yang bersifat negatif.
           
Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas dampak negatif atau perkembangan games itu sendiri, disini saya akan sedikit berbagi pengalaman yang saya dapatkan dan rasakan dari bermain games itu sendiri.
Pengalaman yang saya dapat ini berasal dari game bergenre MOBA atau (multiplayer online battle arena). Genre MOBA, khususnya game “Mobile Legends” untuk perangkat Android ini sendiri mulai ramai digandrungi oleh anak-anak hingga dewasa sejak kemuculan pertamanya pada tahun 2016. Mobile Legends sendiri bukanlah pencetus genre MOBA yang pertama kali di dunia game, dimana genre ini mulai lahir dan berkembang di platform PC hingga sekarang. Alasan atau penyebab Mobile Legends memiliki banyak penggemar khususnya di Indonesia dikarenakan permainan ini bisa dimainkan dimana saja, dan tentunya bersama teman-teman dekat kita. Sehingga antar pemain bisa berkomunikasi dan bersenang senang bersama di dalamnya. Tujuan dari game ini sebenarnya sederhana, dalam 1 match , 10 pemain dipisah menjadi 2 kubu, dimana kubu pertama yang menghancurkan crystal musuh akan menjadi pemenang di match itu. Terdengar sangat sederhana dan membosankan memang, namun proses dan perjuangan untuk menghancurkan crystal ini sangatlah panjang dan kompleks. Pemain harus bisa menyusun strategi antar anggota tim sebaik mungkin agar bisa menang. Strategi ini berupa cara mengalahkan hero (karakter game musuh), pengalihan perhatian, komposisi tim, hingga psy-war.
Nah, setelah penjelasan singkat tentang game MOBA diatas, berikutnya saya akan membagikan hal yang saya dapat dari game tersebut, dimulai dari :
1.     Kemampuan Komunikasi
Ya, dalam game yang membutuhkan kekompakan tim ini, komunikasi menjadi kunci penting untuk menang, disini kita dituntut untuk berkomunikasi dengan teman kita dengan penanda yang ada, misalkan kapan kita akan menyerang. Belum lagi saat kita memiliki ide khusus atau rencana untuk memenangkan pertandingan, dengan komunikasi dan penyampaian pendapat yang baik, tentunya teman kita akan mau mendengarkan dan mengikuti ide kita. Sehingga kita bisa belajar cara menyampaikan atau pun mendengarkan dan menerima pendapat dari orang lain dengan baik.
2.     Bertahan diatas tekanan
Ada kalanya dalam permainan, musuh kita memiliki koordinasi tim yang sangat baik, dimana musuh senantiasa mengalahkan hero-hero tim kita dan membuat mereka unggul, sehingga terus menerus memberi tekanan mental bahwa tim kita akan kalah dengan mudah. Disini lah kekuatan mental dan konsentrasi pemain diuji, pemain harus mampu mencari kesempatan dan celah, kesalahan sekecil apapun yang dibuat oleh pemain musuh dan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk membalikkan keadaan.


 Sumber gambar : https://www.lawumedia.com/2174/cara-main-mobile-legends/

3 komentar:

  1. keren !! sangat inspiratif, karna belajar tidak hanya baca,baca, dan baca.. tapi dengan cara lain kita bisa

    BalasHapus